JAWA TENGAH

Mengisi Waktu Berbuka Puasa, Ibu-Ibu di Blora Ini Berlatih Gamelan

KARIMUNTODAY.COM, BLORA – Berbagai cara dilakukan ummat muslim menunggu waktu buka puasa. Seperti halnya yang dilakukan ibu – ibu muslimah di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mereka menunggu waktu berbuka puasa dengan cara belajar menabuh gamelan.

Berbagai cara dilakukan oleh warga Desa Pelem, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, saat menunggu datangnya waktu berbuka puasa. Sekelompok ibu – ibu memilih menunggu waktu berbuka puasa dengan cara belajar kesenian memainkan alat musik tradisional gamelan. Mereka berlatih setiap hari mulai dari pukul 14.00 hingga pukul 17.00 wib. Meski berlatih gamelan,mereka tidak lupa tugas dan tanggungjawabnya menyediakan menu berbuka puasa untuk keluarga.

Inawati, salah satunya mengaku senang bisa berlatih gamelan bersama rekan-rekannya. Disamping untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, dengan berlatih gamelan untuk nguri uri budaya jawa agar tidak tergerus kemajuan zaman.

“ Senang banget untuk terhibur hati, ini salah satu moment bahagia biar ibu-ibu tidak jenuh,”ujar Iniwati,salah seorang warga Pelem, Minggu (2/4/2023).

Ia berharap, kesenian gamelan harus berkembangan agar tidak putus karena berkembangan zaman.

“ Harus semangat, tunjukkan kalau ibu-ibu ini mampu lah menghibur masyarakat,” terang Iniwati

Sementara, Lakna Tulas,pelatih gamelan mengatakan,kegiatan ini rutin kita lakukan setiap hari untuk menunggu waktu berbuka puasa, sekaligus untuk melestarikan kesenian budaya jawa.

“Kegiatan ini untuk menunggu berbuka puasa, dariapda ibu-ibu ngabuburit,nongkrong kayak anak muda,kita adakan kegiatan yang bermanfaat,”ujar Lakna

Dia menegaskan, kegiatan berlatih gamelan itu untuk nguri uri budaya jawa khususnya di Blora.

“Kegiatan ini, untuk nguri-uri budaya jawa, mengingat budaya jawa terutama gamelan sangat kuat di Blora ini,”jelasnya.

Mereka berharap,kedepan sanggar krawitan Ngudi Laras dapat semakin banyak peminatnya supaya ketrampilan penabuh gamelan semakin banyak dan tidak hilang ditengah kemajuan zaman.(nur)

Loading...
 

Tags
Close
Close