JAWA TENGAH

Peringati Hardiknas, Wakil Bupati Grobogan Ajak Wujudkan Merdeka Belajar

KARIMUNTODAY.COM, GROBOGAN – Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 di Kabupaten Grobogan,Jawa Tengah,diselenggarakan secara sederhana di halaman Setda Kabupaten Grobogan. Uniknya, para peserta upacara diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat yang ada di nusantara.

Wakil Bupati Grobogan Bambang Pujiyanto memimpin langsung upacara peringatan Hardiknas Tahun 2023 menyampaikan, selaras dengan Surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, peringatan Hari Pendidikan Nasional ini dicanangkan sebagai bulan “Merdeka Belajar” dengan tema Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar.

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik,” jelas Wabup.

Suasana upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional di halaman Setda Grobogan,Selasa (2/5/2023).

Wakil Bupati menjelaskan, para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform Merdeka Mengajar. Guru lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

“Anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih holistik oleh gurunya sendiri,”ujar Wabup

Penekanan Kurikulum Merdeka

Penekanan Kurikulum Merdeka dilakukan dengan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi anak. Bahkan, untuk masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan penalaran.

” Kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan Merdeka Belajar. Mari, layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi,” terang Wabup.

Bambang Pujiyanto berharap, perjuangan Ki Hajar Dewantara untuk diteruskan agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita.

“Dengan Merdeka Belajar, mari kira didik generasi kita menjadi generasi yang cerdas,berkarakter, dan membawa Indonesia yang maju dengan pendidikan yang merdeka, “pintanya.(nur)

Loading...
 

Tags
Close
Close