JAWA TENGAH

Video Empat Kepala Desa Di Grobogan Dukung Ganjar Presiden, Viral Di Medsos

KARIMUNTODAY.COM, GROBOGAN – Video empat kepala desa di Grobogan,Jawa Tengah, viral di media sosial. Dalam video tersebut empat kepala desa menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Video pendek berdurasi 30 detik tersebut menuai kritik dari netizen.

Keempat kepala desa tersebut merupakan Kepala Desa Tunggu, Kepala Desa Pengkol, Kepala Desa Leyangan dan Kepala Desa Kluwan. Keempat kepala desa tersebut ada di wilayah Kecamatan Penawangan,Kabupaten Grobogan.

Ketua Bawaslu Grobogan, Fitria Nita Witanti saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa video dukungan tersebut sudah diterima dan sudah dilakukan penelusuran.

“ Tadi kita memang menerima informasi berkaitan dengan video beberapa kades yang membuat pernyataan mendukung Ganjar. Kemudian kami pastikan berkaitan dengan video itu, sementara video itu pernah kami terima di bulan November 2021,”ucap Fitri Sabtu (24/6/23).

Fitri menambahkan, dari hasil penelusuran, video tersebut sudah dilakukan pembinaan oleh pejabat yang berwenang yang dalam hal ini Bupati.

“Dulu sudah kita antisipasi terkait video itu, dimungkinkan viral dalam masa tahapan. Saat itu kemudian kami lakukan penelusuran. dan hasilnya penelusuran bahwa berkaitan dengan video itu mereka sudah dilakukan pembinaan oleh pejabat di atasnya yaitu bupati,” jelas Fitri.

Bawaslu Grobogan menegaskan, tidak seharusnya dukungan tersebut dilakukan oleh kepala desa. Hal ini sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, terkait netralitas kepala desa dalam pemilu.

“ Kami akan bertindak sesuai dengan perundangan, dan akan memanggil keempat kepala desa yang dengan sengaja membuat video pernyataan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pilpres 2024,” pungkas Fitri.(nur)

Loading...
 

Tags
Close
Close