JAWA TENGAH

Ajari Siswa Wirausaha Sejak Dini, Puluhan Anak Jualan Di Halaman Sekolah

KARIMUNTODAY.COM, GROBOGAN – Puluhan anak Sekolah Dasar Negeri 1 Gubug, Kabupaten Grobogan,Jawa Tengah, mengikuti kegiatan market day di halaman sekolah. Dalam kegiatan market day tersebut,anak-anak berjualan produk makanan dan minuman buatan mereka di stand masing masing. Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan kreativitas anak serta melatih anak berwirausaha sejak dini, sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Para siswa-siswi SDN 1 Gubug,Grobogan,Jawa Tengah, berjualan berbagai produk makanan dan minuman karya mereka sendiri di halaman sekolah setempat. Mereka berjualan berbagai macam produk makanan dan minuman dalam acara market day yang diselenggarakan pihak sekolah. Diantaranya, makanan putu ayu terbuat dari singkong,dimsum,wedang coro,hingga produk makanan lainnya. Ada tujuh stand dengan berbagai jenis makanan dan minuman yang dijual para siswa.

Alberta dan Putri, siswi kelas 4 SDN 1 Gubug, mengaku senang bisa berjualan dalam acara market day tersebut. Makanan dan minuman berupa dimsum dan wedang coro yang ia jual bersama teman-temannya habis terjual. Selain untuk belajar berwirausaha, mereka juga mendapatkan uang dari hasil jualan produk mereka.

“Tadi jualan dimsum dan wedang coro. Dimsum dijual 3.000 rupiah wedang coro dijual 2.500 rupiah. Dimsum ada 40 buah wedang coro 25 bungkus, dapat uang 185 ribu,senang sekali bisa berjualan,”ucap Alberta Sabtu (18/3/2023).

Uang hasil jualan tersebut rencananya akan dikumpulkan untuk uang kas kelas mereka masing-masing.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 1 Gubug, Abdul Ghofur mengatakan,tujuan market day adalah untuk mengembangkan kreatifitas anak-anak agar bisa mengenal, bisa belajar wirausaha sejak dini.

“Ini kegiatan market day, untuk mengembangkan kreatifitas anak-anak agar bisa mengenal, bisa belajar wirausaha sejak dini,sampai dewasa bisa berjalan dengan baik. Sehingga nantinya bisa menjadi para pengusaha yang handal,” terang Abdul Ghofur

Abdul Ghofur menambahkan, kegiatan market day juga sebagai sarana untuk melatih anak-anak untuk berkreatifitas seni. Sehingga bisa menampilkan karakter-karakter anak,sesuai dengan kurikulum merdeka. Yakni belajar dengan merdeka, dengan bahagia,selalu senang dikelas maupun di luar kelas.

“Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana melatih anak untuk berkreativitas seni. Sehingga bisa menampilkan karakter-karakter anak, sesuai dengan kurikulum merdeka. Yakni belajar dengan merdeka, dengan bahagia,selalu senang dikelas maupun di luar kelas,” jelasnya

Dalam kegiatan market day tersebut, ada tujuh stand yang ditampilkan. Mulai dari kelas 1 hingga kelas 4 SDN 1 Gubug. Terdiri dari minuman dan makanan tradisional, serta makanan yang sering dicari anak anak yang ramah anak dan ramah lingkungan.

“Hasil dari penjualan yang terkumpul, akan kembali kepada anak-anak dan hasilnya dimasukkan dalam kas di kelas masing-masing,”pungkas Ghofur.(*/nur)

Loading...
 

Tags
Close
Close