KUANSINGRIAU

Camat Singingi Hilir: Status IDM Kian Naik, Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal

KARIMUNTODAY.COM,  TELUK KUANTAN – Berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) Kecamatan Singingi Hilir  Kabupaten Kuantan Singingi telah mampu mencapai desa tiga (3) Mandiri, delapan (8) maju N 1 tertinggal.

Risman Ali SE M.Si mengatakan kepada media Karimuntoday.com melalui pesan WhatApp Jum’at (30/4/2021), apabila indeks ini dipergunakan dengan baik oleh pemerintah sebagai acuan dalam melakukan afirmasi, integrasi, dan sinergi pembangunan, kondisi masyarakat desa yang sejahtera, adil, dan mandiri seperti yang dicita-citakan tidak mustahil untuk diwujudkan imbuhnya.

Pemberdayaan masyarakat, menurut Risman Ali merupakan tumpuan utama, titik tolak strategis menuju terciptanya partisipasi yang berkualitas, peningkatan pengetahuan dan peningkatan keterampilan.

“Jadi, masyarakat berdaya merupakan modalitas penting dalam menyantuni spirit UU Desa yang telah menempatkan desa sebagai subjek pembangunan. Dengan menjadi subjek pembangunan, desa akan menjadi entitas yang berpotensi mendekatkan peran negara dalam membangun kesejahteraan, kemakmuran dan kedaulatan bangsa baik di mata warga negaranya sendiri maupun di mata internasional,” tuturnya.

Adapun nama tiga desa Mandiri yakni desa Tanjung Pauh, Sungai Buluh dan Suka Maju. Sedangkan untuk delapan desa Maju antara lain desa  Koto Baru, Petai, Sungai Paku, Simpang Raya, Suka Damai, Sumber Maju, Bukit Raya, serta Beringin Jaya. Dan desa berkembang Muara Bahan, untuk di ketahui kecamatan Singingi Hilir tidak ada desa tertinggal,” ujar Risman Ali.

“Program yang dilaksanakan untuk desa mandiri dan maju yaitu berupa bantuan ternak, perikanan, pertanian, akses jalan, dan pemberdayaan dana desa. Di tengah pandemi Covid-19, aktivitas ekonomi masyarakat juga tetap berjalan sehingga indeks ketahanan ekonominya stabil,” kata Camat Singingi Hilir.

Untuk itu, saya ucapkan selamat dan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap pemerintah desa  Se kecamatan Singingi Hilir beserta segenap lapisan masyarakat atas preatasi yang sudah dicapai. Semoga tahun depan  50% desa di kecamatan Singingi Hilir sudah berstatus desa Mandiri,”  harapnya.(lidia)

 

 

Loading...
 

Tags
Close
Close