ACEH TIMURNAD

Dinas Sosial Kembali Mengirimkan Tuna Netra Untuk Dididik Ketrampilannya

KARIMUNTODAY.COM,  ACEH  TIMUR  – Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Dinas Sosial kembali mengirimkan remaja tuna netra untuk diberikan pelatihan ketrampilan ke UPTD RSBM Ladong Aceh Besar.

Remaja tersebut diantaranya adalah : Jafaruddin (20) asal Dsn Kuta Baro Gampong Jawa Kecamatan Idi Rayeuk, dan Ansari (18) asal dari Dsn Damai Desa Gaseh Sayang Kecamatan Darul Aman.

Ke dua remaja tuna netra tersebut diantarkan dan diserahkan langsung oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Aceh Timur Bpk. Iskandar, S.Kom kepada pihak UPTD Rumoh Seujahtera Beujroh Meukarya (RSBM) Ladong Aceh Besar pada Hari Jum’at, 02/04/2021.

Dalam kesempatan tersebut Iskandar menyampaikan arahannya kepada ke dua remaja tuna netra meskipun dengan kekurangan fisik yang dimiliki jangan berputus asa dan harus punya semangat juang dalam hidup, jadikanlah kekurangan ini bukanlah suatu hambatan untuk berkarya khususnya dibidang usaha mandiri, oleh sebab itu tuna netra bukanlah suatu hambatan untuk punya semangat juang dibidang usaha mandiri agar terhindar dari kemiskinan dimasa yang akan datang.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial, Iskandar mengucapkan terimakasih kepada Dinas Sosial Aceh melalui UPTD RSBM atas diterimanya tuna netra Aceh Timur untuk dilatih ketrampilan bidang usaha mandiri.

Kita juga sangat berharap adanya dukungan tindak lanjut dari Pemerintah Daerah ketika mereka selesai mengikuti pendidikan saat kembali ke kampung halaman nanti. Baik itu dukungan dalam hal pembinaan serta fasilitas modal usaha yang bisa menunjang keberhasilan usaha mandiri agar supaya tuna netra Aceh Timur yang sudah dibekali ilmu ketrampilan ini bisa membuka usaha mandiri di kampungnya bahkan bisa menciptakan lapangan kerja bagi yang lain. Kata Iskandar.

Kedatangan Dinas Sosial Aceh Timur disambut langsung dengan baik oleh Kasie Pelayanan dan Penyantunan Disabilitas Netra UPTD Rumoh Seujahtera Beujroh Meukarya (RSBM) Ladong Aceh Besar, Ibu Rohaya Hanum, SE.

Rohaya Hanum mengatakan bahwa pendidikan pelatihan ketrampilan kepada peserta akan berlansung selama 5 bulan sampai dengan waktu maksimal yaitu 3 tahun tanpa dibebankan biaya apapun, kepada peserta akan difasilitasi segala kebutuhan yang diperlukan diantaranya transportasi, penginapan, makan, uang saku, dan kebutuhan lainnya sampai pelatihan selesai.

Jenis pendidikan ketrampilan yang diberikan adalah :

  1. Ketrampilan Pijat/Massage
  2. Ketrampilan Membuat Bronjong
  3. Ketrampilan Merangkai Bunga
  4. Ketrampilan Membuat Anyaman Rotan
  5. Ketrampilan Sehari-Hari Activiti Daili Living(ADL)
  6. Pelatihan Kesenian
  7. Pelatihan Membaca dan Menulis Abjad Braile/Qur’an Braile
  8. Pendidikan dan Pelatihan Pendukung Lainnya, pungkas Rohaya. (IW)

 

 

Loading...
 

Tags
Close
Close