RIAU

Dinas Sosial PMD Kuansing Salurkan Bansos Non Tunai Kartu KKS di 15 Kecamatan

KARIMUNTODAY.COM, TELUK KUANTAN – Dinas Sosial PMD kabupaten Kuantan Singingi, menyalurkan Program sembako bantuan sosial non tunai kartu KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) di 15 kecamatan Kuansing. Kemarin di laksanakan di kecamatan Kuantan Tengah di Gedung Serbaguna, Rabu (24/11/2021).
 
Kepala Dinas PMD, melalui Kabid Sosial Nia Kusnita S.Sos M.Si mengatakan kepada media Karimuntoday.com secara langsung khusus Kuantan Tengah penyaluran dilakukan selama 2 hari, karena KPM (Keluarga Penerima Manfaat) sebanyak 2.186 orang.
 
Selain itu, Nia menuturkan KKS adalah kepanjangan dari Kartu Keluarga Sejahtera yaitu bantuan non tunai melalui pembukaan rekening simpanan bagi masyarakat kurang mampu melalui Kartu Keluarga Sejahtera yang disertai dengan SIM Card untuk Layanan Keuangan Digital (LKD) yang merupakan pengganti Kartu Perlindungan Sosial (KPS). kartu itu merupakan program pemerintahan Jokowi – JK selain Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) imbuhnya.
 
Adapun nama-nama kecamatan yang sudah di lakukan penyaluran KSS antara lain Cerenti, Inuman, Hulu Kuantan, Gunung Toar, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Benai Kuantan Mudik dan hari ini masih di kecamatan Kuantan Tengah. Selanjutnya, yang belum disalurkan seperti Logas Tanah Darat, Pangean, Singingi, Singingi Hilir, dan terakhir Pucuk Rantau.
 
Melalui pelaksanaan program ini pula, diperkenalkan penggunaan teknologi untuk menjangkau masyarakat kurang mampu agar penyaluran program dapat lebih baik dan efisien. Dengan pelaksanaan program ini, pemerintah dapat meningkatkan martabat keluarga kurang mampu dengan perlindungan dan pemberdayaan, ujar Nia Kusnita.
 
Sedangkan sistem penyaluran bantuan sosial atau subsidi secara digital dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) terus dikembangkan. Kini, seluruh bank Himbara telah siap memberikan pelayanan kepada penerima bantuan sosial atau subsidi yang memungkinkan transaksi pembelian Sembako dibayar oleh bantuan sosial dari Kementerian Sosial RI atau subsidi lainnya di Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama (Warong KUBE) tanpa harus menggunakan uang tunai.
 
Terakhir, Nia Sapaan akrab Kabid dinsos menegaskan kita pastikan tidak ada data ganda, dan jika KPM tidak ada pendamping dari desa/kelurahan maka penyaluran di pending. Sementara untuk pengambilan sembako Kenegerian Kopah ada 2 titik di Desa Titian modang dan Kopah, Kari di desa Pintu Gobang, dan Taluk Kuantan di Seberang Taluk, Koto Taluk, serta Jake.
 
Pada kesempatan yang sama, Media Karimuntoday.com langsung konfirmasi kepada Camat Kuantan Tengah Agus Iswanto, kami pemerintah dari camat Kuantan Tengah mengucapkan ribuan terima kasih kepada pemerintah, karena telah menggulirkan perluasan program sembako kepada masyarakat kita berkenaan dengan covid 19 mudah-mudahan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat kita, jelasnya.
 
Kami juga menghimbau kepada masyarakat supaya dapat mentaati himbauan dari pemerintah salah satunya mendukung upaya penanganan dan percepatan vaksinasi, karena sesuai target pemerintah kita akhir bulan Desember 2021 sudah harus minimal 70% sasaran masyarakat yang sudah di vaksin. Segera datang ke Faskes yang sudah di sediakan oleh pemerintah mumpung masih gratis.
 
Dan bagi KPM KSS tolong antri, dilaksanakan dengan tertib, tidak perlu berebut, dan kendaraan mohon dijaga jangan sampai terjadi kehilangan seperti tahun lalu, dan bantuan KSS di manfaatkan dengan sebaik-baiknya tutup Camat Kuantan Tengah.(lidia)
Loading...
 

Tags
Close
Close