BATAMKEPRI

Forum Komunikasi Wartawan Indonesia Provinsi Kepri Dikukuhkan

KARIMUNTODAY.COM,  BATAM – Dewan Pembina FKWI Kepri Dr.Urbanisasi, S.H, M.H secara resmi melakukan pengukuhan dan pelantikan Forum Komunikasi Wartawan Indonesia (FKWI) Kepulauan Riau masa bhakti 2021-2023. Kegiatan pelantikan itu, mengambil tema “Konvergensi Media Menuju Kemandirian Pers” Rabu (7/4/2021) di Golden Prawn Bengkong Laut.

Usai melantik, selaku Dewan Pembina FKWI Kepri Dr.Urbanisasi, S.H, M.H menyampaikan agar FKWI meningkatkan sumber Daya manusia  (SDM) yang ada dan harus melakukan upgrade diri dalam menghadapi era Disrupsi saat ini.

“FKWI juga merupakan organisasi pers menurutnya, dimana FKWI merupakan sarana wartawan berkumpul dan berserikat serta  bersinergi untuk menjalankan amanah profesinya  sebagai Pilar Demokrasi,”kata Urbanisasi.

Ia menegaskan, FKWI lahir harus memiliki arti dan makna bukan hadir sebagai  pesaing tetapi menjadi agen perubahan, yang diharapkan akan mampu bersaing dengan media-media lainnya.

“Seorang wartawan, akan dihargai jika karya-karya jurnalistiknya  obyektif,infomative, disajikan   berita yang bukan hoax tetapi berita yang mengandung  informasi,edukasi seni serta social control sebagai sajian menarik pembaca ditengah-tengah masyarakat pada  era digital ini,”tegasnya.

Insan pers yang dapat bertahan diera ini adalah mereka yang mau mengupgrade dirinya dengan banyak belajar melalui berbagai sarana yang ada diera kini,Berinovasi dalam berkarya mempertajam karyanya,Melek Teknologi,Siap untuk menerima perubahan serta Meningkatkan kompetensi kwalifikasi terutama Menjaga Attitude dalam menjalankan profesinya karena kecerdasan bukanlah hal utama namun prilaku jurnalis merupakan hal penting sebagai cerminan dalam setiap kehidupan Para Wartawan yang diterima masyarakat.

Pada prinsipnya, idealisme  seorang wartawan selain skeptis,juga harus memiliki prinsip untuk tetap dalam alur profesi sesuai koridor kode etik jurnalistik. Sebagai jurnalis juga  harus dibekali dengan ilmu pengetahuan secara umum karena Wartawan kadang dikonotasikan dengan Profesi serba Tahu atau MSI Master segala ilmu Papar Urban,sehingga Jurnalis dituntut untuk banyak belajar berbagai disiplin ilmu dari Ahlinya.Sambari mendesak agar FKWI mendirikan Lembaga Pendidikan Di Prov Kepri.

Ketua Panitia Pelantikan FKWI Kepri, Amran Chan, mengatakan bahwa mimpi wartawan adalah membangun Program Perumahan wartawan. Dengan mewujudkan perumahan wartawan, kedepannya akan menjadi lebih baik lagi.

“Selama ini kita bermimpi menjadi pilar Demokrasi. Untuk itu wartawan sebagai pilar demokrasi yang bersinergi dengan Pemerintah,”katanya.

Ditambahkan Amran, dengan adanya program Pemerintah untuk membangun perumahan wartawan, dimana pada umumnya yang ada di Batam ini masih tinggal di Real eastate Ruli.

“Semoga kedepannya Pemerintah kota Batam dapat memperhatikan program  Perumahan Wartawan,” ujar Amran.

Lanjut Amran, FKWI kedepannya akan membuka Lembaga pendidikan untuk jurnalis. Dimana kita akan bersinergi dengan pengusaha-pengusaha Batam.

“Dengan adanya Lembaga Pendidikan Jurnalis di Batam, kedepannya  jurnalis akan menyampaikan  informasi atau berita yang bukan hoax, melainkan informasi-informasi yang real,”ucal Amran.

Ketua Umum FKWI Kepri Indralis menjelaskan, Pengukuhan Pelantikan  FKWI Kepri adalah sebagai wadah informasi dan menjadi Konvergensi Media Menuju Kemandirian Pers.

“Selanjutnya FKWI akan berkontribusi dan Bersinergi dengan Pemerintah. Sehingga kedepan akan menyampaikan informasi yang bukan hoax, agar menjadi lebih baik lagi,”jelas Indralis.

Turut hadir, Gubernur Kepri diwakilkan Kepala Dinas Kominfo Kepri, Asisten I Adiministrasi Pemko Batam, Diskominfo Batam, Polresta Barelang, Dandim 0316 Batam, Lanut Hang Nadim, Satbrimob Polda Kepri, Marinir, Dewan Pembina FKWI, Ketua FKWI Kepri dan para undangan lainnya. (HIDAYAT)

 

 

Loading...
 

Tags
Close
Close