BENGKALISRIAU

Miris…!!! Kebun Binatang Selat Baru Bengkalis Kondisinya Memprihatinkan

KARIMUNTODAY.COM, BENGKALIS – Taman Kebun Binatang Pantai Selatbaru Kecamatan Bantan menjadi sorotan bagi pengiat Berita untuk melihat langsung kondisi taman satwa kebun binatang milik Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang dikelola oleh Dinas Pariwisata, kebudayaan dan olahraga Kabupaten Bengkalis ini terlihat sangat Minim perawatan dan memprihatinkan.

Selain hewan-hewan yang sudah tidak banyak lagi, fasilitas pun untuk para satwa juga dianggap tidak layak. Sejumlah kandang hewan satwa terlihat tidak terawat lagi.

Dari hasil pantauan awak media ini Bersama media lainnya dilapangan Rabu (20/03/2024) terlihat kandang Beruang Madu dan kandang Burung Merak terlalu sempit, kotor dan banyak lalat.

Seharusnya pihak pengelola kebun binatang tersebut memperhatikan kandang yang menjadi tempat bagi beruang madu dan Burung Merak, agar bisa menyesuaikan dengan hewan yang menempati dikandang tersebut.

Jika kandang yang tidak terawat dan tidak memenuhi standar akan membuat beruang dan habitat lainya stres dan berpengaruh pada kesehatan fisik, sedangkan jenis burung merak kandangnya harus ada pasirnya,

“Dalam Permenhut (Peraturan Menteri Kehutanan) Nomor 31, ada soal mengelola satwa, termasuk beruang, harus memenuhi kesejahteraan satwa. Kandangnya harus layak. Sarana-prasarana harus layak. Sehingga satwa itu tidak menghadapi kekurangan kehidupan, termasuk stres,”

Sarana dan prasarana yang dimaksud dalam Permenhut Nomor 31 tersebut tertera pada pasal 9 (c), yang terdiri dari kandang perawatan, kandang pengembangbiakan, kandang , kandang peragaan, area bermain satwa, gudang pakan dan dapur, naungan untuk satwa, dan pendukung pengelolaan satwa yang lain.

Jenis dan jumlah makanan yang diberikan kepada beruang serta satwa lainnya pun harus diperhatikan oleh pengelola Pengelola Kebun Binatang,yakni Dinas Parawita Kabupaten Bengkalis Khusus beruang madu, makanan yang diberikan mengandung unsur madu. Selain itu, jumlahnya tidak boleh terlalu sedikit ataupun kelebihan.

“Makanannya juga harus terjamin. dan beruang madu, harus ada arena untuk manjat, harus ada perlakuan manjat. Dia makanannya mengandung madu Dan makanan tambahan buah-buahan dan sebagainya.

Kabid Dinas Parawisa Alwizar saat di konfirmasi lewat WhatsApp pribadinya Rabu (20/03/2024) mengatakan, bahwa kandang- kandang tersebut selalu dibersihkan,dan beruang madu selalu di sirami air agar suhu badanya tidak panas,” ujarnya dengan singkat.(*/Mulya)

Loading...
 

Tags
Close
Close