JAWA TENGAH

Nekat Buka di Bulan Ramadhan, Kafe Karaoke Berkedok Salon Ditutup Petugas

KARIMUNTODAY.COM, GROBOGAN – Petugas Gabungan kembali melakukan razia tempat hiburan malam yang diimbau tutup selama bulan ramadhan. Namun, dalam kegiatan razia yang kedua kali ini, petugas menemukan satu tempat hiburan berkedok salon yang didalamnya ada kafe dan karaoke tetap nekat tetap buka di bulan ramadhan. Petugas terpaksa menyegel tempat hiburan tersebut.

Petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP,Polres Grobogan.Kodim 0717 Purwodadi,serta Disporabudpar Kabupaten Grobogan, kembali melakukan razia di sejumlah tempat tempat hiburan malam selama bulan suci ramadhan. Petugas gabungan kali ini melakukan razia di dua Kecamatan. Yakni, di Kecamatan Gubug, dan Kecamatan Tegowanu.

Di Kecamatan Gubug, petugas mendatangi enam kafe karaoke. Namun, petugas tidak menemukan tempat hiburan malam kafe karaoke yang buka. Petugas kemudian menempelkan tulisan pengumuman yang berisi himbauan dari Pemerintah Grobogan dan menutup sementara kegiatan hiburan malam selama ramadhan.

Petugas kemudian melanjutkan razia di Kecamatan Tegowanu. di Kecamatan Tegowanu, tepatnya di pinggir jalan raya Purwodadi-Semarang, petugas gabungan mendapati sebuah kafe karaoke berkedok salon yang tetap buka. Saat petugas masuk ke dalam salon tersebut, di dalamnya digunakan untuk cafe dan karaoke.

Sempat terjadi adu mulut petugas dengan pemilik kafe karaoke berkedok salon tersebut. Pemilik usaha tersebut sempat berkilah jika usahanya tidak buka. Petugas kemudian menegur pemilik hiburan malam tersebut untuk segera menutup sementara usahanya tersebut, dan diminta untuk mematuhi himbauan yang sudah diberikan oleh Pemkab Grobogan.

“Kita seperti minggu lalu, melakukan pengawasan kafe dan karaoke di bulan ramadhan, sesuai Perbup Grobogan kafe dan karaoke di bulan ramadhan untuk tutup,”ujar Suliwati, Kabid Pariwisata Disporabudpar Grobogan Sabtu (25/3/2023).

Suli menambahkan, dalam kegiatan pada malam minggu tersebut, dilaksanakan di dua kecamatan, Kecamatan Gubug dan Kecamatan Tegowanu.

“Kegiatan pengawasan kafe dan karaoke di dua kecamatan, di wilayah Gubug tutup semua, di Tegowanu ada satu tempat kafe dan salon yang didalamnya ada karaoke masih buka, kemudian pemilik kita himbau untuk tutup,”jelas Suli

Pihak petugas gabungan belum memberikan sangsi tegas kepada para pemilik kafe karaoke yang masih nekat buka di bulan ramadhan,namun hanya memberikan himbauan dan menempel selebaran bertuliskan himbauan tutup selama ramadhan. Para pemilik hiburan malam kafe dan karaoke jika masih nekat buka, petugas akan memberi peringatan satu hingga tiga sesuai Perbup nomor 3 Tahun 2020.

“Jika masih nekat buka sesuai Perbup Nomor 3 Tahun 2020, kafe dan karaoke akan ditutup Satpol PP,”jelas Suli

Sementara Camat Tegowanu Kashartono mengatakan, pihaknya sudah menghimbau kafe karaoke untuk tutup selama bulan ramadhan sesuai himbauan Pemkab Grobogan

“Kita sudah menghimbau untuk tutup sesuai peraturan bupati, kafe dan karaoke untuk tutup selama bulan ramadhan,”ujar Kashartono Camat Tegowanu.

Petugas gabungan akan terus melakukan kegiatan serupa berupa pengawasan tempat hiburan malam selama bulan ramadhan untuk tutup sementara demi kenyamanan umat muslim dalam menjalankan ibadah puasa (*)

Loading...
 

Tags
Close
Close