INDRAGIRI HILIR

Pasca Ekonomi Semakin Sulit Pendapatan Pedagang Sayur Sungai Guntung Turun Dratis

 

KARIMUNTODAY.COM, KATEMAN – Suasana pasar sayur dijalan Abdul manaf pelantar tiga,sungai guntung,kecamatan kateman,Kabupaten inhil/Provinsi Riau,tampak sepi masyarakat biasanya lalu lalang terlihat tidak berapa ramai untuk berbelanja dagangan para penjual  sayur di lapak-lapak yang tersedia di pasar sayur tersebut.

Sebut saja, Pakde Tipin sudah bertahun-tahun berjualan sayur di lapak pinggir jalan pelantar tiga jalan Abdul manaf sungai guntung kepada karimuntoday.com, Jum’at (26/10/2018) mengatakan, Dia sudah bertahun-tahun jualan disini, tetapi masyarakat yang datang untuk berbelanja,dalam satu tahun ini Dia betul-betul merasakan sepinya pembeli dan lengang,Apalagi kalau hari udah mulai siang sudah seperti  tidak ada orang lagi yang mau belanja sayur-sayuran.

“ Kondisi ekonomi masyarakat sungai guntung saat ini sangat sulit, berkemungkinan akibat turunya harga jual kelapa, bayangkan saja, saat ini perkilonya hanya dihargai Rp. 1000 (seribu) sampai dengan Rp. 900 (Sembilan) Ratus Rupiah,jauh beda dengan sebelumnya sebesar Rp. 2000 (dua ribu rupiah),” Ungkapnya

Ditambahkanya lagi, Akibat turunya harga jual kelapa tadi sangat berdampak kepada semua lini, terutama pada dirinya serta para pedagang lainya, sebelumnya dia setiap hari bisa mendapatkan uang dari jual beli daganganya sebesar Rp. 2 Juta Rupiah, sekarang hanya Rp. 500 ribu rupiah, pasalnya, rata-rata di sungai guntung mayoritas memiliki kebun kelapa dan karyawan perusahaan,artinya, kalau harga kelapa turun maka jual beli serta pendapatan akan turun juga, oleh sebab itu diminta kepada pemerintah pusat maupun daerah agar dapat mencarikan solusinya agar harga kelapa bisa seperti semula,” Pintanya (*)

Laporan  : Ridho

Editor      : Indra H Piliang

 

 

Loading...
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close
Close