KAMPARRIAU

Pj Bupati Serahkan Langsung Bansos Transportasi Dampak Inflasi Daerah tahun 2022

KARIMUNTODAY.COM, KAMPAR – Pj.Bupati Kampar Dr.H.Kamsol.MM menghadiri acara penyerahan Bantuan Sosial Sektor Transportasi Dampak Inflasi Daerah tahun 2022 di Dinas Pergubungan Bangkinang.(8/12).
 
Turut hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Suhermi.ST, Kepala Dinas Inspektorat Febrinaldi Tri Darmawan.S.Stp.M.Si, Kepala Dinas Perhubungan Drs.M. Amin Filda, Pemimpin Cabang Bank Riau Kepri Zamroni Fatoni dan Kepala Bagian Ekonomi Zamhur.
 
Dalam arahannya, Pj.Bupati Kampar menyampaikan, mengawali sambutan ini atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten kampar, saya menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada dinas perhubungan yang telah bergerak cepat serta membangun — koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan pemerintah desa serta bank Riau Kepri syariah dalam penyaluran bantuan sosial sektor transportasi dampak inflasi daerah, semoga melalui mekanisme dan koordinasi yang sudah terbangun baik ini, bantuan sosial yang diberikan tepat sasaran serta bermanfaat bagi masyarakat yang berhak mendapatkannya.
 
Hadirin yang saya hormati pemberian bantuan sosial sektor transportasi yang bersumber dari dana transfer umum (dtu) ini merupakan amanat dari undang-undang serta menteri keuangan nomor peraturan 134/pmk.07/2022 tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi tahun anggaran 2022, Sebagaimana diatur dalam peraturan tersebut, daerah menganggarkan belanja wajib perlindungan sosial sebesar 24 dari dana transfer umum (DTU) untuk periode bulan oktober sampai desember 2022. Salah satu target belanja wajib perlindungan sosial ditujukan untuk pemberian subsidi sektor transportasi angkutan umum di daerah, seperti yang kita laksanakan pada pagi hari ini.
 
Kebijakan tersebut adalah upaya pengendalian dan antisipasi dampak inflasi akibat kenaikan harga bbm di daerah guna menjaga daya beli, melindungi kelompok rentan, dan meningkatkan perekonomian masyarakat.
 
Dengan diberikannya bantuan sosial sektor transportasi diharapkan dapat mengurangi risiko sosial dari guncangan ekonomi dan kerentanan sosial agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan dasar minimalnya, untuk itu, guna mengantisipasi dampak yang ditimbulkan tersebut pemerintah kabupaten kampar akan menyalurkan bantuan sosial sektor transportasi sebanyak 2.688 penerima, dengan kategori tukang becak, tukang ojek pangkalan, pengemudi angkutan orang, pengemudi angkutan barang harian, dan angkutan air, berupa uang tunai sebesar rp.150.000 / bulan, selama 3 bulan yaitu oktober sampai desember tahun 2022.
 
Penerima bantuan sosial sektor transportasi akan diberikan kemudahan dengan mekanisme pengambilan bantuan sosial menggunakan layanan Virtual account bekerja sama dengan bank riau kepri syariah, penerima dapat mengambil bantuan sosial langsung di Bank Riau Kepri Syariah terdekat dari tempat tinggalnya dengan membawa fotocopy ktp, kk, dan surat keterangan pekerjaan dari Desa/Lurah.
 
Penyerahan bantuan sosial sektor transportasi pada hari ini merupakan wujud perhatian besar dari pemerintah kabupaten kampar terhadap penyedia jasa angkutan umum orang dan barang. Untuk itu kepada penerima bantuan sosial sektor transportasi, saya berpesan agar tidak hanya dilihat dari segi jumlahnya, pergunakan bantuan yang telah diberikan dengan selektif mungkin dan seefisien mungkin guna membantu kebutuhan ibu dan bapak sehari-hari.
 
Selanjutnya Kepala Dinas Perhubungan Drs.M. Amin Filda menyampaikan dasar hukum dalam undang-undang nomor 411 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial dan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan peraturan menteri keuangan nomor 134/pmk.07/2022 tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi tahun anggaran 2022 keputusan bupati 648/x1/2022 tentang penerima bantuan sosial sektor transportasi dampak inflasi daerah di kabupaten kampar tahun 2022 perjanjian kerja sama antara pt. bank pembangunan daerah riau kepri syariah cabang bangkinang ” dengan dinas perhubungan kabupaten kampar tentang layanan virtual account penyaluran kampar nomor 550 dana.
 
kriteria angkutan umum yang mendapatkan bantuan sosial sektor transportasi adalah becak sebanyak 729 penerima, ojek pangkalan 393 penerima, angkutan barang sebanyak 872 penerima, mobil penumpang umum sebanyak 72 penerima dan piau sebanyak 622 penerima. jumlah bantuan yang disalurkan sebanyak 2.688 orang sebanyak rp.150.000/bulan dan diberikan selama 3 bulan, dari oktober sampai desember tahun 2022.(Rudi)
Loading...
 

Tags
Close
Close