KARIMUNKEPRI

Puslitbang Polri Kunjungi Polres Karimun, Lakukan Penelitian Pelayanan Pengaduan Masyarakat (Dumas)

KARIMUNTODAY.COM, KARIMUN – Tim Peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melakukan kunjungan di Polres Karimun, Rabu (5/10/2022).
 
Tim Puslitbang Polri dipimpin oleh Kombes Pol Frans Tjahyono, S.I.K., M.H. beranggotakan Prof. DR. Obeng Katubi merupakan Konsultan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), Penata Tk I Heri Suprapto, S.E., M.A. (Sekretaris), Penata Tk I Fajar Istiono, S.T. (Anggota) serta didampingi dua orang personil Idwasda Polda Kepri AIPDA Hendri dan BRIPDA Egie Apriandi.
 
Mereka datang untuk melaksanakan penelitian strategi pelayanan pengaduan masyarakat (Dumas) guna meningkatkan profesionalisme anggota Polri. Kedatangan tim Puslitbang Polri disambut langsung Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, S.I.K, SH.
 
Tim Puslitbang Polri mencari data, masukan serta informasi kualitas layanan pengaduan masyarakat serta strategi pengaduan Masyarakat. Penelitian ini dalam rangka mengevaluasi sejauh mana yang dilakukan dalam pelayanan pengaduan masyarakat sehingga dapat diambil suatu kesimpulan untuk peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Kepolisian.
 
Metode yang digunakan yakni ; Pertama Wawancara dan diskusi dengan Kasat Reskrim, Kasat Narkoba, Kasiwas, Kasipropam dan Ka SPKT serta para Kapolsek terkait strategi penanganan pelayanan pengaduan masyarakat.
 
Kedua Pengisian Kuesioner jajaran Polres yaitu Operator Siwas, Reskrim, Propam dan Spkt ( http://bit.ly/OPERATOR_POLDAKEPRI) dilanjutkan dengan wawancara dengan perwakilan petugas Sentral Pelayanan Pengaduan masyarakat pada Siwas, Sat Reskrim, Sat Narkoba, Sipropam dan SPKT. (masing-masing sudah menunjuk salah satu petugasnya)
 
Ketiga Observasi pada sentral Pelayanan Dumas Terintegrasi (SPDT)
 
Keempat Pengumpulan data sekunder tentang rekapitulasi pengaduan masyarakat pada Siwas, Satreskrim, Satnarkoba dan Sipropam (masing-masing Operator menyiapkan data di maksud).
 
“Kami di sini hanya ingin lebih jauh mengetahui seperti apa konsep penanganan pelayanan Dumas kepada masyarakat. Apakah sudah sesuai dengan mekanisme dan regulasi yang sudah ada, kami melakukan penelitian terkait penanganan Dumas yang efektif dan efisien,” ujar ketua tim Kombes pol Frans Tjahyono, S.I.K., M.H saat membuka kegiatan penelitian.(Rls/Lukman)
Loading...
 

Tags
Close
Close