ACEH TIMURNAD

Dinas Kominfo Melaksanakan Workshop Penyiapan Generasi Emas Melalui Pencegahan Stunting

KARIMUNTODAY.COM, ACEH TIMUR – Tingginya angka stunting di Indonesia menjadi perhatian bagi masyarakat, Stunting merupakan suatu kondisi gagal tumbuh atau lebih dikenal dengan tubuh pendek pada balita. Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Timur bekerja sama dengan dinas kesehatan telah melaksanakan workshop  penyiapan generasi emas Pertama Kehidupan (EPK) bersama peran PERS di Aceh Timur menyongsong bonus demografi Aceh Timur lebih bereh dalam rangka proyek prioritas nasional penurunan stunting tahun 2021.

 Kabid dinas Kominfo Sulaiman Idris,S.Ag.M.AP dan dinas kesehatan Aceh Timur Usman,SKm.Mkm menyampaikan bahwa Salah satu faktor penyebab stunting yaitu praktek pengasuhan yang kurang baik, termasuk didalamnya rendahnya pengetahuan tentang gizi, pola pengasuhan/kasih sayang, dan pemberian stimulasi dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Selama ini faktor protektif atau pola asuh dianggap kurang berperan dan tidak dilakukan dalam penanggulangan stunting dan hanya memfokuskan pada upaya kesehatan yang merupakan faktor resiko, padahal faktor resiko diantaranya adalah kondisi kesehatan anak, dan gizi pada saat hamil, sangat dipengaruhi oleh faktor pelindung”,ujarnya.

Pemerintah Aceh Timur telah berupaya melibatkan banyak sektor untuk menekan angka stunting, sebagai langkah penguatan Program Pembangunan Keluarga dalam mewujudkan keluarga berkualitas melalui workshop penyiapan generasi emas melalui pencegahan Stunting bersama rekan PERS dan

Pemerintah Kabupaten Aceh Timur juga diberi tugas dalam Program percepatan penurunan stunting berupa intervensi gizi sensitive melalui Proyek Prioritas Promosi Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Hadir dalam workshop adalah kepala dinas Kominfo Khairul Rizal,kabid Kominfo Sulaiman Idris,Ikbal,dr Darmawan, ketua PWI Aceh Timur Musawir, perwakilan dinas kesehatan Usman, dan para wartawan Aceh Timur .

Ketua PWI Musawir yang sekaligus memberikan informasi tentang peran pers dengan program Stunting  di kabupaten Aceh Timur mengatakan peserta yang diundang meliputi organisasi media yang ada di Aceh Timur.

Ketua PWI Musawir juga menyampaikan  kegiatan ini dilaksanakan melalui workshop penyiapan generasi emas melalui pencegahan Stunting untuk menyongsong bonus demografi untuk Aceh Timur lebih bereh.(*)

Penulis  : Iwan Saputra
Editor    : Lukman Hakim

Loading...
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close
Close