RIAUSIAK

Update 15 August 2020, Ada 8 Penambahan Kasus Covid-19 di Siak, Total 216, Berikut Penjelasan Bhudi Yuwono

KARIMUNTODAY.COM, SIAK – Ahad (16/08/2020).  Update per hari Sabtu (15/08/20) di Kabupaten Siak ada 8 (Delapan) penambahan kasus positif Covid-19 dengan total keseluruhan menjadi 216 orang yang terkonfirmasi oleh virus tersebut.

Namun kabar baiknya juga ada, yakni ada 3 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh, hal ini dijelaskan oleh Sekertaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak Bhudi Yuwono kepada Wartawan media ini, Ahad (16/08/2020) pagi.

“Masih ada bebrapa sampel lagi menunggu hasil, semuanya tersebar dibeberapa Kecamatan di Kabupaten Siak terutama yang kontak erat dengan positif yang telah diambil uji swap,” terang Bhudi.

Bhudi Yuwono merincikian, dari total 216 Positif Covid-19 tersebut, sebanyak 133 orang masih dirawat, 81 orang sehat dan sudah dipulangkan, kemudian 2 orang meninggal dunia.

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat itu lanjut Bhudi, mereka semua tersebar dibeberapa tempat seperti disejumlah RS di Kota Pekanbaru maupun di RSUD Siak dan Asrama Haji Siak.

“Untuk suspek berjumlah 5772 orang, selesai isolasi pemantauan berjumlah  5356 orang, isolasi Mandiri 406, isolasi di RS 1 orang, meninggal 9 orang,” terangnya.

Adapun rincian penambahan pasien positif covid-19 per hari Sabtu (15/08) dijelaskannya sebagai berikut :

  1. Pasien 209 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Tn. AR (57) yang merupakan warga Kecamatan Mempura. Saat ini diisolasi dan dirawat di Asrama Haji Siak. Tn. AR (57) merupakan hasil dari Scrining yang dilakukan oleh Labkesda Siak.

2. Pasien 210 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Ny. EM (41) yang merupakan warga Kecamatan Tualang, Saat ini diisolasi dan dirawat di RS Eka (Pekanbaru). Ny. EM (41) merupakan karyawan perusahaan dan bagian dari Cluster Perusahaan.

3. Pasien 211 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Nn. FU (18) yang merupakan warga Kecamatan Tualang. saat ini diisolasi dan dirawat di RS Eka (Pekanbaru). Nn. FU (18) merupakan bagian dari Cluster Perusahaan.

4. Pasien 212 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Ny. FS (51) yang merupakan  warga Kecamatan Tualang. Saat ini sudah dirawat dan di isolasi di RS Eka (Pekanbaru),Tn. FS (51) Merupakan karyawan perusahaan dan bagian dari Cluster Perusahaan.

5. Pasien 213 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Ny. SA (36) yang merupakan warga Kecamatan Tualang. Saat ini sudah dirawat dan diisolasikan di RS Eka (Pekanbaru). Ny. SA (36) merupakan karyawan perusahaan dan bagian dari cluster perusahaan.

6. Pasien 214 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Tn. Y (42) yang merupakan warga Kecamatan Tualang. Saat ini sudah dirawat dan diisolasikan di RS Eka (Pekanbaru). Tn. Y (42) merupakan karyawan perusahaan dan bagian dari cluster Perusahaan.

7. Pasien 215 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Nn.GTS (21) merupakan warga Kecamatan Tualang. Saat ini sudah dirawat dan diisolasikan di nRS Eka (Pekanbaru). Nn. GTS (21) merupakan karyawan Perusahaan dan bagian dari cluster Perusahaan.

8. Pasien 216 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Ny. R (52) merupakan warga Kecamatan Minas. Ny. R (52) menjalani perawatan di RS I.B (Pekanbaru), kemudian untuk persyaratan tindakan medis maka yang bersangkutan dilakukan Rapid dan Swab dan hasil dari periksaan tersebut dinyatakan Konfirmasi. Belum diketahui kontak eratnya.

Adapun untuk kabar baiknya yakni 3 pasien yang dinyatakan sembuh dengan rincian:

  1. Pasien 182 Tn, CA (49) dari RS E.H Pekanbaru

2. Pasien 189 Nn. K (19) dari RS E.H Pekanbaru

3. Pasien 197 Tn, N (55) dari RS E.H Pekanbaru.

“Terakhir, untuk kesekian kalinya kami kembali mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat kabupaten siak agar tetap tenang dan tingkatkan kewaspadaan. Lakukan pembatasan fisik (physical distancing), kemudian walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian,” imbuhnya.

Bhudi juga menegaskan apabila harus keluar, gunakan masker (lebih baik menggunakan masker kain dari pada tidak sama sekali) sesuai dengan imbauan Gubernur Riau Nomor 96 Tahun 2020 tentang penggunaan masker untuk mencegah penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Kemudian rutin mencuci tangan (lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dibandingkan hand sanitizer), Jaga pola hidup sehat , Makan buah dan sayuran, Berolahraga rutin, Konsumsi vitamin yang cukup,” katanya.

Dalam hal ini dia juga meminta kepada masyarakat luas agar tidak menyebarkan informasi pribadi dari pasien Covid-19, seperti nama, alamat, dan keluarganya. Sebab kata dia, menjaga kerahasiaan data pasien merupakan kewajiban kita semua sesuai Pasal 57 UU 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

“Mari beri dukungan untuk pasien positif, PDP, ODP, dan tenaga medis. Jangan berstigma negatif terhadap mereka. Bila merasakan gejala, periksa diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau hubungi call center 112 Tetap berdoa, Insya Allah kita akan melewati semua ini.

Semoga kita tetap sehat dan selalu berada dalam lindungan-Nya. Jangan lupa, di rumah aja,” Pungkasnya.(adv/Infotorial).

Laporan  : Idris Harahap
Editor      : Lukman Hakim

Loading...
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close
Close